DESA YANG HILANG, MERAPI JOGJAKARTA

          JOGJAKARTA, berbicara tentang kota jogjakarta atau Jogja pasti kita semua teringat dengan Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

PHOTO CANDI BOROBUDUR

Atau mungkin kita terbayang pada oleh-oleh khas Jogja seperti bavia atau batiknya, lebih dari itu ada banyak lagi oleh-oleh kuliner khas Jogja dan banyak lagi tempat tempat wisata dan sejarah pun budaya di Jogjakarta.

          Berbicara budaya dan sejarah Jogja memang kota kaya akan budaya dan sejarah tapi ada yang menarik, kunjungan saya yang terakhir kali ke jogja di bulan Pebruari 2018,saya tertarik pada situs DESA YANG HILANG, di desa Kaliadem Sleman Jogjakarta.

          DESA YANG HILANG, menurut keterangan pemandu kami kerena sebagian desa tersebut hancur, paska letusan gunung merapi desa tersebut berubah tertutupi material pasir dan kerikil vulkanik, warga dan pemerintah setempat menjadikan desa tersebut wisata situs peninggalan desa yang dulu ada dan kini tiada.

          Disana ada musium mini "Sisa hartaku", ada juga rumah warga yang rusak yang di dalamnya ada barang-barang perabot rumah tangga yang sudah hancur imbas dari panasnya lava dan abu vulkanik dari bencana letusan gunung merapi dan ada juga kerangka hewan yang disusun kembali oleh warga seperti kerangka sapi dan ayam sebagai dokumentasi dari bencana alam letusan gunung merapi,mungkin tujuannya agar wisatawan atau pengujung dapat mengambil hikmah dari bencana tersebut.

Berikut vidio kami saat berkunjung ke desa tersebut.
VIDIO SITUS MERAPI DI JOGJA Source:uniklucugressnews/youtube channel


klik YOUTUBE for subcribe ke channel youtube penulis

Tak Kenal Maka Tak Sayang-->Bacalah Artikel Dibawah ini Mungkin Bermanfaat : 




Comments