CANDI PLAOSAN WISATA SEPEDA ONTEL


          Bagi anda yang suka travelling, rekreasi ke tempat yang satu ini tidak akan pernah merasa kecewa..! yaa.. namanya Candi Plaosan candi yang berada di daerah jogjakarta ini tepatnya di dukuh Plaosan desa Bugisan, Prambanan, Klaten.

          Candi plaosan dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai pikatan seorang raja Mataram dari wangsa sanjaya. Candi plaosan terbagi menjadi dua bagian yaitu candi plaosan utara dan candi plaosan selatan. itu sebabnya candi ini dikenal dengan candi kembar karena apabila dilihat dari kejauhan dua candi ini sangat mirip.

PHOTO CANDI PLAOSAN

          Candi plaosan adalah maha karya perpaduan dua keyakinan yaitu hindu dan budha ini terlihat dari artsitektur bentuk bangunan candi. Candi plaosan merupakan saksi bisu keindahan kisah kasih antara raja dan ratu yang berberbeda keyakinan, Rakai pikatan raja mataram dari wangsa sanjaya berkeyakinan hindu dan ratu Pramudyawardani dari wangsa syailendra adalah berkeyakinan budha tapi mereka mengesampingkan keyakinan dan raja Rakai pikatan menikah dengan ratu pramudyawardani.

VIDIO SINGKAT CANDI PLAOSAN

          Candi plaosan jaraknya tidak jauh dari Candi prambanan jaraknya sekitar 3 km. dan tidak jauh pula dari pusat kota, jadi anda tak perlu kwatir soal penginapan yang pas buat anda, Saat terakhir saya berkunjung kesana ada yang menarik perhatian saya yaitu di samping selatan candi plaosan ada gapura bertuliskan "Selamat datang di wisata sepeda ontel" yaaa...? rupanya memang ada wisata sepeda ontel disana yang diberdayakan oleh masyarakat desa yang bersebelahan dengan candi plaosan sayangnya saya tidak tau berapa harga sewa sepeda disitu karena saya tinggal pakai saja sepadanya dan soal biaya sudah di atur panitia tour.

          Saya pun mencoba keliling desa itu dengan bersepeda, rupanya warga setempat sudah mengatur jalur pesepeda dan sudah dipasilitasi post-post peristirahatan denga hiburan berbeda-beda setiap postnya. Di post peristirahatan tersebut warga ada yang menawarkan jamu sehat gatis looh... ada pula yang hiburan memainkan alat musik tradisional gamelan dan setiap pengunjung diperbolehkan mencobanya. itu saja berbagi wawasan dari saya semoga bermanfaat.

Tak Kenal Maka Tak Sayang,Artikel Dibawah Ini Mungkin Bermanfaat Buat Sobat.




Jelajahi >>> Info lainnya | Daftar isi



Comments

Post a Comment

Berkomentar yang bijak dan membangun