UMPAN MANCING IKAN KETING DAN NILEM


Seperti saya katakan di post sebelumnya bahwa olah raga mancing ikan itu digemari banyak orang di dunia, begitu juga di indonesia, ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas-komunitas mancing mania luar maupun dalam negeri, banyak sekali toko-toko yang menjual peralatan mancing online atau pun off line, selain toko-toko peralatan mancing ikan juga banyak tersebar toko khusus menjual umpan untuk mancing berbagai jenis ikan baik itu ikan air tawar maupun laut. yaa.. tak dapat di pungkiri orang banyak menggemari olah raga mancing dengan alasan nya sendiri, ada yang hobi mancing karena menikmati sensasi tarikan ikan, ada yang sekedar menhabiskan waktu libur kerja menikmati indahnya view sekitar spot mancing dan bermacam alasan lainnya.

IKAN KETING

Kembali ke judul post bahwa saya hendak sharing mengenai umpan jitu memancing ikan keting dan ikan nilem, tetapi sebelumnya ada baiknya kita mengetahui apa itu ikan Keting.. ? ikan keting adalah ikan sejenis cathfish bentuk nya seperti ikan patin tetapi ikan keting berukuran lebih kecil, ikan keting dewasa yang pernah saya tangkap saat mancing berukuran 30,5 cm, ikan keting memiliki patil/sengat di kedua sisi kepala dekat sirip nya fungsinya yaitu untuk menyerang hewan yang hendak mengganggunya, sengat nya mengandung racun jika kita terkena sengatnya,misalkan di bagian kulit itu akan terasa perih dan sedikit pegal efeknya kulit akan terlihat memar dan seperti bentol tetapi sengat ikan keting tidak mulumpuhkan jika terkena manusia.Ikan keting ada yang hidup di air tawar pun air asin, kebanyakan habitatnya bisa ditemukan di sungai-sungai, muara, di air yang tenang dan ber arus.

IKAN NILEM

Ikan nilem juga merupakan ikan air tawar bentuknya seperti ikan tawes atau ikan bader. Ikan nilem lebih banyak menghabiskan waktunya di air yang ber arus karena ikan ini termasuk ikan yang aktif, ikan nilem sama seperti ikan air tawar lainya habitatnya di sungai-sungai, muara, danau bahkan sungai kecil sering ditemukan ikan jenis ini, ikan nilem bersisik terang atau silver rasa dagingnya gurih bahkan jika dimasak hanya digoreng saja.

UMPAN JITU MEMANCING IKAN KETING DAN IKAN NILEM

Jika anda berniat menangkap ikan keting dengan cara di pancing, umpan untuk memancing ikan keting sangat sederhana, ikan keting suka memakan makanan yang berbau amis, jadi untuk memancing ikan keting gunakanlah umpan yang berbau amis seperti cacing, usus ayam atau pun umpan olahan yang dicampur bahan yang berbau amis, misalnya anda menggunakan mie yang di rebus, campurlah dengan kuning telor atau jeroan ayam. Sepengalaman penulis umpan yang jitu untuk memancing ikan keting adalah cacing dan umpan buatan yang di campur lemak ikan atau lemak kambing.

UMPAN IKAN  NILEM

Mungkin banyak yang belum tau dan bertanya-tanya.?!  pakai apa sih umpanya supaya dapat ikan nilem jadi saya kasih tau nih, sebenarnya umpan memancing ikan nilem tidak susah, ikan nilem itu memakan binatang kecil yang bergerak, di perairan liar ikan nilem memakan ulat lumut batu yang ada di dalam air, jadi untuk memancing ikan nilem kita bisa gunakan ulat buah buahan, seperti ulat buah belimbing, buah nangka atau ulat buah kecapi, semua umpan itu mudah untuk didapat dan kelebihannya ulat buah-buahan itu tidak menjijikan.

Mungkin ada yang bertanya ko tidak ada photo ikan keting atau nilem di blog ini?  yaa.  saya tidak menyertakan photo karena ketika saya mendapatkan ikan ini saya tidak sempat memphotonya tapi saya punya dokumentasi vidio saat saya mendapatkan ikan tersebut

LIHAT VIDIONYA


Source:youtube channel/Gress eka

Tambah Wawasan Kamu Sobat,Mungkin Artikel Dibawah Ini Bermanfaat :






Jelajahi>>>Info lainnya | Daftar isi Menarik untuk dilihat :

Comments

Post a Comment

Berkomentar yang bijak dan membangun