CARA MENENTUKAN UMPAN MANCING YANG SESUAI DENGAN JENIS IKAN

CARA MENENTUKAN JENIS UMPAN YANG SESUAI DALAM MEMANCING IKAN

Poto sahabat

Bagi yang hobi mancing mengetahui jenis umpan yang cocok dan sesuai dengan jenis ikan yang di target memang menjadi keharusan, agar hasil ikan yang di dapat maksimal. Namun kadang bagi pemancing, mendapatkan ikan juga kadang itu adalah persoalan nomor dua, seperti saya yang hobi memancing, mendapatkan ikan adalah persoalan ke dua karena yang terpenting buat saya adalah bagaimana saya bisa me refress otak, menghilangkan jenuh dari hari-hari karena bekerja.
Tetapi karena pengalaman saya yang hobi mancing, membuat saya banyak tau dari berbagai sumber yang berkaitan dengan hobi memancing ikan, seperti misalnya cara menentukan jenis umpan yang sesuai dengan ikan yang menjadi target kita dan sesuai dengan keadaan air di tempat memancing. 

Disini saya hanya akan berbagi apa yang saya tau berdasarkan pengalaman saya jadi apabila ada yang kurang mohon maklum dan silahkan koreksi dengan komentar di blog ini. 

Saya akan menerangkan dan membagi kedalam beberapa bagian agar mudah dipahami pembaca. Dalam menentukan umpan yang pas yang sesuai dengan target ikan yang kita inginkan. 

UMPAN MEMANCING IKAN MAS

Jika sahabat memancing ikan mas di kolam, sahabat bisa menggunakan umpan (pelet) umpan ini banyak di jual di toko-toko khusus alat-alat pancing, Pelet banyak jenisnya berbagai macam aroma, umpan jenis pelet ini ada yang beraroma bau udang/ebi, aroma seafood dan jenis lainya. Pelet ada yang bisa langsung digunakan saat dibeli dan ada yang harus kita olah dahulu maksudnya di olah dahulu saat membeli umpan pelet hanya berupa serbuk kita bisa menambahkan roti dan telor atau mie yang sudah di rebus lalu di aduk rata. 
Catatan:
  • Saat mencampur serbuk pelet dengan bahan tambahan jangan sampai terlalu lembek atau basah karena jika terlalu lembek akan hancur atau terbuang saat di lempar ke air. 
  • Untuk umpan ikan mas pilihlah warna pelet yang cerah, seperti kuning, coklat atau warna krem ini berfungsi untuk menarik perhatian ikan. 
  • Pilihlah pelet beraroma kue kenapa? karena ikan mas bukan jenis ikan predator
  • Atau bisa menggunakan umpan buatan sendiri sahabat bisa membuatnya dari: Biskuit+Mie yang sudah direbus dan ditiriskan airnya,  lalu aduk dan haluskan dengan cara di ulek setelah itu campurkan pelet dan aduk rata lagi,,  yaap gunakan itu untuk umpan mancing ikan mas, umpan ini juga di sukai ikan jenis tawes dan bawal. 
  • Kecuali jika sahabat membeli pelet yang siap pakai itu tidak perlu mencampur atau menambahkan bahan lainya. langsung saja digunakan. 
UMPAN MEMANCING IKAN MUJAER/NILA



Vidio lainya ada di bawah

Memancing ikan mujaer di kolam, umpannya gunakanlah (Lumut) pada dasar nya ikan mujaer di habitat aslinya ia memakan apa saja mahluk kecil yang bergerak seperti jentik, cacing dan lumut tetapi ikan mujaer lebih banyak memakan lumut-lumutan, yang harus menjadi catatan adalah sahabat memancing di kolam yang ikannya sudah dibiasakan di beri pakan pelet atau pur inilah yang orang sering luput, ia menggunakan umpan lumut padahal ia memancing di kolam pemancingan yang oleh pengelelolanya diberi pakan pelet dan pur jadi kesimpulannya jika sahabat memancing ikan mujaer di kolam pemancingan gunakanlah pelet kecuali sahabat memancing di sungai liar, waduk atau danau untuk mendapat ikan mujaer gunakanlah lumut atau cacing. 

UMPAN MEMANCING IKAN GURAME

Untuk memancing ikan gurame sahabat bisa menggunakan pelet yaa...! lagi-lagi Pelet? jika sahabat memancing di kolam pemancingan memang sebenarnya pelet menjadi umpan primadona, Pelet digunakan untuk memancing ikan Mas, gurame, bawal, mujaer, tawes dan lele tetapi itu jika sahabat memancing di kolam, kenapa.? seperti yang saya katakan di atas karena pengelolanya membiasakan memberi pakan Pelet atau Pur, tetapi jika memancing di sungai, danau di alam liar tentu harus dibedakan umpannya.  Dialam liar ikan gurame adalah jenis ikan predator ia memakan udang dan ikan kecil tetapi jika di danau atau waduk ikan gurame memakan daun-daunan seperti daun talas dan daun-daunan lain yang jenis daunya lembut. 

MEMANCING IKAN DI LAUT

Sebenarnya terus terang pengalaman saya memancing di laut itu kurang, terhitung hanya pernah dua kali saya memancing di laut dan ikan yang saya dapat Cumi-cumi umpanya adalah udang, baik udang hidup atau udang mati, tetapi saya punya dua teman yang bekerja di kapal perikanan, menurutnya memancing ikan di laut bisa menggunakan soft lure atau umpan buatan seperti ikan yang terbuat dari silikon, kayu atau besi umpan ini bisa menarik perhatian ikan predator seperti ikan tuna, ikan GT, tongkol, ikan kakap dan ikan predator lainya, bisa juga menggunakan umpan ikan yang ukuranya lebih kecil.

Photo sahabat

CARA MEMANCING IKAN DI LAUT MENGGUNAKAN SOFT LURE ATAU IKAN BUATAN


  1. Pastikan joran atau pancingan, kenur dan mata pancing sesuai ukurannya untuk memancing di laut 
  2. Cari lokasi yang menurut kita di bawah nya banyak ikan berkeliaran
  3. Pasang ikan buatan atau lure yang kuat
  4. Lempar ke arah yang menurut sahabat ada ikannya
  5. Setelah umpan turun ke air, perkirakan kedalaman yang ada ikanya dan tarik atau gulung rol atau angkat naik turun joran sehingga umpan di dalam air terlihat hidup oleh ikan yang berkeliaran disana sehingga menarik perhatian ikan dan menganggapnya mangsa atau makanannya

KESIMPULAN

Umpan memancing ikan Gurame, ikan Mas, Tawes, Mujaer, Lele, Bawal, Patin jika mancing di kolam gunakan (Pelet)
Jika di sungai umpan untuk ikan:
- Ikan lele dan ikan keting, ikan silli(berod bahasa sunda) jenis ikan ini menyukai umpan berbau amis, gunakan Cacing, ulat pohon pisang, usus ayam. 
- Ikan mujaer, ikan gurame memancing di sungai, waduk atau danau gunakanlah Lumut, atau daun talas(cara mengunakan umpan daun talas, gulung kecil daun talas dan kaitkan ke mata pancing
- Ikan Tawes, ikan nilem, gunakan umpan buatan yang saya terangkan di atas mengenai cara membuat umpan mancing ikan mas. terkadang ikan nilem juga menyukai Lumut. 
Vidio memancing ikan paray

Mancing dengan umpan mie


Sampai disini dulu berbagi wawasan tentang menentukan umpan yang pas sesuai jenis ikan. 



klik YOUTUBE untuk berlangganan vidio dari channel youtube penulis

Comments

  1. Sangat bagus infonya bos. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2wbyDdn

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentar yang bijak dan membangun