Cara Stek Pohon Miracle Fruit

Miracle fruit atau buah ajaib adalah tanaman buah yang memiliki ciri khas tersendiri,dikatakan tanaman buah ajaib karena memilik khas yaitu pada buahnya.


Buah miracle fruit rasanya manis keajaiban pada buah ini adalah jika kita memakan buah ini maka rasa manis akibat memakan buah ini akan menempel hingga 1 jam bahkan lebih,artinya jika kita memakan buah ini setelahnya maka yg kita makan akan tetap berasa manis.

Efek rasa manis yang menempel di lidah ini mirip dengan efek yang ditimbulkan jika kita memakan buah Marasi atau parasi, buah miracle fruit bentuknya lonjong mirip anggur tetapi bijinya sedikit besar.

Pohon miracle fruit mudah untuk di budidayakan baik dengan cara tanam biji atau dengan cara lainnya seperti stek atau cangkok,penulis sudah pernah mencoba memperbanyak tanaman ini dengan cara stek dan bagi sobat yang berminat untuk mencobanya silahkan ikuti caranya yang akan saya uraikan dibawah ini.


  • Yang pertama anda harus punya pohon buah ajaib,jika belum punya,beli dulu,banyak petani jual,itung-itung mensejahterakan petani beli produk petani(becanda broo) klo blum punya tanaman miracle fruit bisa minta ke tetangga atau teman yang punya tapi mintalah batangnya saja yang ajan di stek karena tanaman jenis ini masih jarang.
  • Ambil bahan yang akan di stek,utaman dahan yang tidak terlalu tua.
  • Potong bahan yang akan di stek skitar 20 cm dari pucuk.
  • Bersihkan bagian bakal tumbuh akar.
  • Tancap di media tanah campur sekam dan pupuk kandang,perbandinganya jika tanah 2 pupuk 1 sekam 1
  • Sungkup dengan plastik dan siram lalu simpan di tempat yang teduh.


Sudah semua prosesnya tunggu 2  bulan  pada usia 5 bulan lebih stek tanamannya sudah bisa tumbuh.

Tips: Saat jika sobat melakukan stek tanaman apa saja steklah lebih dari 2 batang untuk menghindari jika ada yang gagal masih ada harapan yang lainnya tumbuh. salam hijau

Vidio tutorial cara stek pohon miracle fruit

Artikel lainnya


Cara stek pohon jeruk tanpa perangsang akar


Comments