Rahasia dan Cara Stek Pohon Sawo Dan Pohon Alpukat Batang Besar

Seringkali saya mendapat pertanyaan dari teman,apakah pohon sawo bisa di stek? ketika itu saya tidak menjawab karena saya belum mencobanya yang saya tau tanaman yang bisa di stek itu pohon jambu air atau jambu jambuan.



Akhirnya saya tertarik untuk mencobanya sebab saya juga hobi berkebun terutama tabulampot,pada percobaan pertama gagal, akhirnya saya berputar otak dan berfikir harusnya bisa karena batang sawo memiliki kulit yang tebal dan memilik kambium.

Saya mencoba lagi namun kali ini saya menggunakan perangsang akar saya coba stek 3 batang pohon sawo dan batang pohon alpukat sekalian.

Alahamdulillah dari tiga batang sawo yang saya stek 2 tumbuh tunas dalam begitu juga dengan alpukatnya.

poto bisa dilihat diatas dan kini daunya semakin rimbun,karena percoban dan kegagalan berkali-kali akhirnya saya menemukan pencerahan menemukan jawaban cara pilih batang pohon yang pas untuk di stekk dengan bantuan perangsang akar.

Tips cara stek batang pohon sawo dan alpukat.

  • Pemilihan batang pohon untuk di stek, cari batang pohon yang tidak terlalu tua juga tidak muda, batang yang tua sulit untuk tumbuh tunas, yang tepat ambil batang 30 cm dibawah pucuk(untuk pohon sawo dan alpukat).
  • Sebelum di tanam ke media kupas dahulu bagian bawah bakal akar dan bersihkan.
  • Oles bagian bakal akar dengan perangsang akar.(bisa menggunakan bawang merah atau vitamin B1)

Pertanyaan apakah stek yang saya lakukan berhasil? saya berani menjamin stek pada batang pohon sawo berhasil karena poho tersebut masih hidup pada usia 3 bulan.

Lihat vidio dibawah hasil stek pohon sawo
umur 10 minggu lebih





klik YOUTUBE untuk berlangganan vidio dari channel youtube penulis

Baca Lainnya :
Cara Memilih Buah Cempedak Kwalitas Top

Comments