Membuat Zpt Dari Bahan Alami

Sebagai penghobi tanaman atau orang yang hobi berkebun pasti menginginkan tanamannya tumbuh subur,berbuah jika tanaman buah atau berbunga jika tanamannya bunga atau kembang.


Jika kita ingin tanaman kita tumbuh subur tentulah harus kita rawat,salahsatu caranya dengan diberi nutrisi tambahan yaitu pupuk.

Pupuk yang biasa dipakai ada yang alami atau organik ada pupuk kimia,nah yang akan kita bahas kali ini adalah pupuk organik.

Pupuk organik biasanya terbuat dari bahan yang alami seperti pupuk kandang atau pupuk yang tebuat dari nabati dari tumbuhan itu sendiri.

Kita bisa membuat sendiri pupuk organik tergantung dari kebutuhannya,apakah kita ingin tanaman cepat tumbuh,cepat berbuah,akar yang sehat,bunga tidak gugur atau kesemuanya.

Yaa...mari kita bahas satu per satu mulai dari

Zpt (zat pertumbuhan tanaman) agar pohon cepat tumbuh pucuk atau tunas dan perakaran sehat, sobat bisa membuat sendiri zpt perangsang tumbuh akar dari bahan-bahan dibawah ini.

Cara membuat pupuk organik dari bahan alamiah

1.Bonggol pisang

  • Dalam bonggol pisang mengandung auksin, zat perangsang tumbuh pucuk dan tunas baru atas dan samping cara membuatnya dengan mempermentasikannya atau langsung di tanam kebagian bawah area perakaran tanaman.bonggol pisang akan membusuk dan dengan sendirinya menjadi pupuk yang bagus untuk pertumbuhan tunas baru bahan lainnya ada pada bawang merah.

2.Tomat

  • Pada tomat terdapat sitokinin,zat yang membantu tumbuh bulu-bulu akar baru sehingga akar cepat berkembang menjalar hasilnya tanaman lebih banyak mendapat nutrisi.


Dari yang saya coba mengimplementasikan pupuk ini dengan cara dipermentasi tanaman cepat tumbuh pucuk sehingga tanaman memiliki daun yang sehat hijau bahkan ada yang berbunga.

Cara membuat zpt dari bonggol pisang dan tomat ada di vidio dibawah ini


Vidio lainnya : Cara stek mangga,kedondong,miracle fruit

Comments