WISATA DANAU TOBA DAN HISTORI GUNUNG TOBA

Jaman sekarang rekreasi bukanlah kebutuhan sekunder melainkan sudah menjadi kebutuhan utama,masyarakat indonesia biasanya pergi berRekreasi di musim libuaran anak sekolah, tahun baru dan hari raya besar, Dengan rekreasi atau berwisata manusia bisa mengekpresikan diri, relaksasi dan cara manusia bersosialisasi dengan orang baru dan alam di sekitar.

Taukah anda salah satu tempat terindah di indonesia untuk di kunjungi? yaitu Danau Toba, memiliki beberapa pesona yang unik jika dibandingkan dengan danau-danau lainnya.

Apa sajakah pesona danau toba yang tidak dimiliki danau lainnya di indonesia.

Berikut pesona wisata danau toba yang memikat


  • Danau toba terbentuk dari letusan gunung toba

Danau toba terbentuk oleh letusan besar gunung toba, gunung vulkanik Toba beberapa kali meletus ratusan tahun yang lalu, letusan pertama sekitar delapan ratus tahun yang lalu, dampak letusan pertama itu membuat terbentuknya Kaldera(kawah gunung yang sangat besar yang terjadi akibat erupsi letusan gunung vulkanik) di sisi selatan gunung. Tiga ratus tahun kemudian Gunung toba meletus kembali dan membentuk kaldera baru di sisi utara gunung. Letusan terbesar yang terakhir terjadi sekitar 74 ribu tahun yang lalu yang meruntuhkan pembatas antara kaldera utara dan kadera selatan,melalui proses perubahan alam yang panjang terbentuklah Danau toba dengan pulau Samosir di tengahnya.

  • Danau toba dikelilingi danau indah lainnya

Ada beberapa danau indah lainnya yang mengelilingi danau toba karena proses alami terpecahnya kaldera menjadi beberapa bagian dua danau yang terkenal keindahanya yang ada di sekitar danau toba tepatnya di pulau Samosir adalah danau Aek Natonang yang luasnya mencapai seratus lima hektar dan Danau Sidihoni yang mencapai tiga hektar.
Danau toba semakin mempesona karena terletak di dataran tinggi mungkin itu sebabnya sering di sebut Danau di atas Danau. Disini wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar gunung toba dan air terjun dan konon danau Sidihoni terkenal karena warna airnya selalu berubah-ubah warnanya tergantung kondisi alam di sekitar.

Jelas sudah danau toba memiliki keunikan dan pesona tersendiri patut masuk dalam daftar rencana kunjungan wisata anda berikutnya.


Comments