CANDI BOROBUDUR 7 KEAJAIBAN DUNIA

Candi Borobudur merupakan candi yang mengolaborasikan ilmu rancang bangun dan arsitektur dengan memoleskan seni tingkat tinggi sehingga terbentuk candi yang megah nan indah di dunia. Candi borobudur telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu World Heritage.

CANDI BOROBUDUR

Candi borobudur berdiri dengan sejuta kisah yang dibawanya, merupakan bangunan peninggalan kerajaan mataram kuno. Borobudur memiliki banyak relief dan ukiran yang indah serta mengandung makna, relief tersebut menceritakan kehidupan, budaya dan kepercayaan masyarakat pada masa nya.

Relief dan ukiran itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke candi borobudur baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bangunan yang megah nan indah ini memang sungguh sayang jika kita berwisata kesini tidak berphoto di candi borobudur yang penuh histori maha karya artistik ini, namun terlebih dari itu nilai dari history candi lebih berharga dan patut dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa.

Di candi borobudur ini pasilitas demi pasilitas di bangun untuk kenyamanan dan kepuasan para wisatawan saat berwisata ke candi borobudur.

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke candi borobudur: 

  • Pradaksina 

Pradaksina adalah aktivitas berjalan mengelilingi candi yang dilakukan searah dengan jarum jam mulai dari tingkat pertama sampai puncak.

  • Borobudur Sunset dan Sunrise 

Bagi kalian yang mengujungi candi borobudur dapat menikmati indah dan hangatnya matahari terbit dan matahari tenggelam, pemandangan ini sangat indah, sayang jika dilewatkan.

  • Museum samudraraksa 

Musium berisi miniatur-miniatur kapal, gong dan banyak barang antik lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan.Musium ini juga mengisahkan tentang nenek moyang masyarakat di sekitar candi borobudur, dengan adanya miniatur-miniatur kapal, mungkin masyarakat disekitar borobudur dahulu adalah seorang pelaut.

  • Musium karmawibangga

Musium ini berisi batu-batu yang belum ditemukan pasangannya serta arca yang bernama the unfinished budha.

  • Gajah

Dicandi borobudur kamu juga bisa mendapatkan pengalaman menunggang gajah, satu ke unikan yaitu tour keliling desa melewati sungai-sungai di sekitar candi borobudur, mungkin ini akan menjadi pengalaman baru kamu.

  • Kereta kelinci 

Kereta kelinci ini akan mengajak kamu mengelilingi candi dan melihat pemandangan sekitar candi, berjalan santai bersama keluarga.

  • Bersepeda

Tidak hanya kereta kelinci kamu juga bisa bersepeda santai yang tersedia dan disewakan untuk para wisatawan.

LOKASI DAN AKSES KE CANDI BOROBUDUR

Candi borobudur terletak di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah Sekitar 1 jam dari Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi dengan rute yogyakarta-jalan magelang-muntilan-mendut-borobudur Tidak perlu khawatir jika tidak menggunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan umum dari yogyakarta kamu bisa naik bus dan turun di terminal borobudur dari situ kita bisa naik andong atau berjalan kaki ke candi.

JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK

Candi borobudur buka mulai pukul 06:00 sampai 17:00 WIB Harga tiketnya untuk dewasa Rp. 30.000 anak-anak dibawah 6 tahun Rl. 12.500 dan wisatawan interlokal Dewasa USD 20 dan anak-anak USD 10

Comments

  1. Nice Info bung. Sangat membantu saya dan keluarga yang berencana berlibur ke borobudur. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentar yang bijak dan membangun