Mudah Banget.. Cara Stem Gitar Manual,,begini caranya

Cara stem gitar manual tanpa alat bantu stem

Gitar memang menjadi alat musik petik yang paling, pavorit di gemari kalangan anak muda bahkan remaja dan orang-orang usia paruh baya, alat musik gitar penggunanya memang tidak mengenal usia dan saya termasuk yang suka bermain alat musik gitar, info dari wikipedia Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara di petik mengunakan jari dan plektrum, gitar awalnya terbuat dari kayu tetapi saat ini gitar sudah di buat dari berbagai jenis bahan, seperti besi, karbonat dan lainya.

Pada umumnya gitar terbagi dua:

  1. Gitar Akustik
  2. Gitar Elektrik

  • Gitar Akustik

Gitar ini disebut juga gitar klasik, ditandai dengan badan gitar berlubang, terbuat dari kayu atau carbonat.

  • Gitar Elektrik

Badan gitar nya tidak berlubang, bahan gitar lebih fariatip bisa terbuat dari logam juga dari campuran logam dan plastik, suara yang timbul dari gitar elektrik juga lebih berpariasi hasil dari manipulasi suara oleh alat bantu pengolah suara. Memainkan gitar tidak sembarang, saat kita bermain gitar kita harus memastikan bahwa gitar yang kita mainkan suaranya tidak sumbang alias tidak fals, bagi pemula atau yang baru mungkin kesulitan untuk stem atau stel suara gitar sesuai komposisi nadanya, kenapa kita harus stem dahulu nada gitarnya sbelum kita mainkan.?  yaa... akibat penggunaan terjadi pergeseran nada bisa akibat senar menjadi kendur.
oleh karena itu kita harus stem ulang nada gitar tersebut, berikut ada beberapa cara stem gitar.

  1. Dengan cara menggunakan alat bantu stem gitar atau namanya Tuner stem gitar alat bantu ini beragam bentuk dan model nya banyak di jual di toko-toko online maupun offline
    ada yang di tempel di body gitar, ada yang di tempel di ujung gitar dan banyak cara lainya.
  2. Dengan cara Manual dan cara manual inilah yang akan saya bahas, dengan cara stem gitar manual seperti yang akan saya paparkan di bawah. 


  • Menghapal dengan membandingkan nada. 

Contoh nya nada E pada senar 1 samaka nadanya dengan nada E pada senar 2, nada A pada senar 5 bandingkan samakan nadanya dengan nada A pada senar 5 caranya, dan seterusnya samakan nadanya sampai benar-benar sama.

  • Mengapal melodi atau  (do re mi pa so la si dumisalkan melodi lagu X jika nada gitar nya fals jika melodi di ulang akan terasa berbeda, maka cobalah untuk memperbaikinya sampai melodi tersebut sama seperti melodi aslinya. 


Kedua cara ini memang tidak mudah di pahami setidaknya kita harus melihat satu kali saja orang stem gitar dengan cara ini atau jika kurang paham lihat vidio nya di atas.
Tetapi intinya sahabat harus mengasah pendengaran dan rajin menghapal melodi, suatu saat sahabat akan terbiasa dan semakin tajam fil pada nada nya.

Comments