Cara Menanam Biji Kurma Agar Tumbuh

Photo koleksi milik unikgresnews.blogspot.com

Setiap muslim pasti pernah merasakan buah yang satu ini, yaa,,buah Kurma. Buah kurma yang rasanya manis saat dimakan matang,menyegarkan dan menyehatkan untuk tubuh kita, karena buah kurma mengandung giji yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat,glukosa, kurma juga mengandung serat yang baik untuk sistim pencernaan tubuh.

Kadar gula atau glukosa yang terkandung dalam kurma juga mnyehatkan dan tidak membuat diabetes,karbohidrat nya jelas dibutuhkan tubuh untuk memulihkan tenaga, memakan buah kurma sangat menyehatkan dan di anjurkan terutama mengawali berbuka puasa dengan makan beberapa biji buah kurma badan akan segera mendapat asupan giji, yaa buah kurma yang identik hadir lebih banyak di bulan suci ramadhan ini.

Buah kurma salah satu buah yang disebutkan dalam Alqur'an tersebut dalam surah Maryam .

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu"

Buah kurma jua ternyata berkhasiat untuk menangkal racun, hal ini disebutkan dalam hadist nabi, Rasulullah bersabda.

"Barang siapa memakan 7 buah kurma ajwa dipagi hari maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir" Shahih Buhari dan Muslim. 

Kurma Ajwah adalah yang terbaik dari semua jenis kurma yang ada, kurma ajwa berasal dari kota madinah. Selama ini pohon kurma identik hanya tumbuh di tanah negara negara arab saja, hal ini tentulah hanya mitos,paktanya pohon kurma bisa tumbuh di asia yang beriklim tropis dengan curah hujan tinggi bahkan negara thailand sudah berhasil mengembangkan perhebunan kurma yang berbuah setiap musimnya.

Lalu bisakah kita sendiri menanam kurma?
Apakah tumbuh jika kita menanam biji kurma?

Jawabannya : Kita bisa menanam kurma dari dari biji kurma yang biasa kita makan dan akan tumbuh. Inilah beberapa tips cara menanam biji kurma agar tumbuh.
Siapkan biji kurma

  • Rendam biji kurma dengan perangsang tumbuh perakaran atau root up.
  • Jemur biji kurma diterik matahari selama 2 sampai 3 hari.
  • Siapkan media tanam, bisa tanah atau pasir halus, saran (gunakan media tanam puing bekas reruntuhan bangunan) dan tanam biji kurma. Insha Allah dalam seminggu biji kurma akan terlihat berkecambah dan tumbuh.

Berikut vidio tutorial cara menanam biji kurma agar tumbuh

Comments