Cara Tanam Cutting Anggur Grapes Agar Cepat Tumbuh Akar

Bagi pecinta/hobi tanaman nalurinya pasti ingin memiliki perbagai jenis tanaman, tak luput tanaman anggur meja, salasatu tanaman yang banyak dimiliki penghobi tanaman.

Alvonso/anggur bali

Pohon anggur/grape atau anggur meja sangat unik jika dikoleksi, tanaman ini tumbuh merambat, bentuk buah yang cantik, tanaman anggur tumbuh optimal didataran rendah.

Cara perbanyakan pohon anggur

Pohon anggur perbanyakannya bisa cara pegetativ dari potongan batang/cutting, cangkok juga bisa dari biji.

Kebanyakan orang menanam pohon anggur ini dengan cara stek yaitu dari cutting nya atau potongan potongan batangnya, cara tanam dengan stek ini memiliki kelebihan yaitu masa produktif tanaman lebih singkat bisa berbuah pada usia 1 tahun, bahkan ada yang berbuah pada usia 5-8 bulan, kualitas tanaman dan buah tak jauh beda dengan pohon indukanya.

Menanam pohon anggur dengan cara stek ini sebenarnya cukup susah-susah mudah, kenapa saya katakan demikian?, karena saya masih sering bertemu dengan orang yang bertanya hal mengenai bagaimana cara menanam pohon anggur dengan cara stek ini baik bertanya secara langsung atau di grup komunitas pecinta tanaman anggur dan buah-buahan, tetapi bertanya lebih baik dari pada sesat di wc. hi..hii.

Yang utama diperhatikan jika kita menanam cutting pohon anggur adalah media tanamnya.

Berikut tips cara tanam pohon anggur dengan stek agar cepat berakar berdasarkan pengalaman penulis.


  1. Sediakan media tanam yang cukup unsur hara* atau tanah sebagai media tanam tercukupi nutrisinya, sobat bisa menggunakan tanah yang dicampur sekam yang sudah lapuk atau sekam* yang sudah membusuk dan kohe* dengan perbandingan 1:1:1
  2. Pilih batang pohon anggur yang tidak terlalu tua juga tidak muda, karena batang pohon yang tua spengalaman saya agak lama tumbuh akar, batang yang terlalu muda lebih mudah terserang penyakit baik jamur pun hama.
  3. Masukan metan* tersebut di nomer satu ke polibeg atau pot atau tempat lainnya lalu diamkan selama kuranglebih 2 minggu sembari disiram sehari sekali tujuannya agar pupuk kohe terurai.
  4. Setelah itu sebelum tancap potongan calon bibit pohon anggur  pada bagian batang yang ditancap bubuhkan cocopeat disekeliling batang bakal perakaran(penjelasan fungsi cocopeat ada dibawah).
  5. Stelah tancap lalu siram dan simpan ditempat teduh selama kuranglebih 1 bulan. Perakaran biasanya muncul pada usia stek 3 minggu.

Seterusnya biarkan tanaman anggur itu tumbuh.

Penjelasan
*Metan (media tanam)
*Kohe (kotoran hewan)
*Unsur hara adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman
*Cocopeat adalah serabut kelapa yang di haluskan atau diserut yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman bahkan cocopeat sebanding zpt alami.
*Sekam (kulit padi)

Semoga artikel ini bermanfaat, gambar atau vidio akan segera saya lengkapi.

Lihat vidio dibawah,Grafting entris anggur
umur 10 minggu lebih





klik YOUTUBE untuk berlangganan vidio dari channel youtube penulis
Artikel lainnya terkait tanaman

"Guru yang paling baik adalah pengalaman"




Comments