Mengenal Ikan Wader, Bader Atau Lauk Benteur

Ikan wader adalah ikan air tawar berwarna putih metalik atau silver, ikan wader banyak jenisnya, ikan ini tersebar hampir diseluruh asia, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, di negara-negara Asia ditemukan jenis ikan Wader ini.


Ikan wader bernama latin Rasbora Argyrotaenia ini banyak jenisnya. Ikan wader juga ada yang bercorak pada tubuhnya, jadi ikan wader tidak selalu berwarna silver total, tetapi ada yang bercorak warna titik hitam, bergaris hitam, kuning di tengah badan nya dan ikan wader ada juga yang berekor kuning dan merah.

Dipelbagai daerah nama ikan ini berbeda-beda, orang jawa Barat menyebutnya Lauk Benteur (ikan benteur) ada yang menyebutnya Bader, ikan lanjur, ikan cere (betawi), ikan bader pari, yaa,  beda daerah beda nama.

Di Jawa Barat sebenar nya ikan wader atau benteur, ikan nilem, paray, coro adalah berbeda jenisnya tetapi ikan-ikan tersebut masih satu suku yaitu jenis Rasbora.

Ciri-ciri ikan wader :

  • Warna ikan wader kebanyakan berwarna putih mengkilap atau silver. 
  • Ukuranya bisa mencapai 17 cm. 


Habitat ikan wader:

Ikan wader biasanya mendiami danau, kali besar/kecil, rawa, pesawahan.
Ikan wader berhabitat di air tawar, air yang bening, air agak kecoklatan bahkan di air yang berwarna kehijauan.

Ikan wader bisa bertahan di segala tempat terutama di air dengan ph tinggi, ikan wader ini daging nya sangat gurih tekstur daging nya berwarna putih dan lembut.

Sayangnya ikan wader ini saat ini hanya bisa didapat ditangkap dari alam, belum diketahui ada peternak atau tambak khusus ikan wader ini.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber berita:
Dari wawasan penulis Gress Eka
Hobi : Adventure ( Memancing ikan)

Berikut salah satu vidio coleksi ikan wader dalam aquarium, vidio youtube "GresEka Setia Mancing"




klik YOUTUBE untuk berlangganan vidio dari channel youtube penulis

Tak Baca Maka Tak Tahu, Ikro (bacalah)
Jelajahi>>>Info lainnya | Daftar isi


Comments